Salam Pendidikan

Sore itu, langit Jakarta agak sedikit mendung. Udara yang lembab menggerahkan badan tidak kuasa menggerahkan semangat beberapa orang untuk merajut mimpi. Mimpi kemajuan suatu organisasi bernama Credit Union Bererod Gratia,  yang kemudian lebih familier disebut CUBG.

Di sebuah ruangan, 5 x 5 m, mereka berkumpul untuk membicarakan gerak maju Tim Pendidikan yang menjadi kerangka dan tulang punggung organisasi CUBG. Lalu-lintas kendaraan di depan kantor mereka begitu ramai, maklum saja karena jam-jam itu adalah jam pulang para pekerja. Jalanan Jakarta yang lebar itu seakan menjadi begitu sempit penuh dengan kendaraan. Tapi di ruangan itu, mereka masih berkumpul mencoba untuk mengambil peran demi kemajuan bersama. Atas nama masa depan yang lebih baik dan bahagia mereka menandatangani kontrak moral dalam hati mereka masing-masing. Mereka menyetujui klausul kontrak yang berdegup dalam sanubari mereka bahwa CUBG harus hidup dan maju, sudah begitu “terlanjur” banyak orang yang percaya dengan organisasi ini. Organisasi ini harus tetap hidup dan berkembang.

Kontrak moral dalam sanubari itulah yang membawa pula pada kesadaran bahwa pendidikan sudah dimulai dan harus ditekuni. Sebersit asa tampak dari kerut wajah sang pendamping bahwa tim pendidikannya akan maju dan berkembang. Jalanan ramai Jakarta menandakan begitu banyak orang yang mau terlibat kendati masih jalan sendiri-sendiri. Walau sudah ada lampu bangjo tapi toh masih banyak yang nyelonong. Ada yang harus mengawal gerak mereka supaya tidak saling tabrak, kacau, dan menderita.

Dari situlah gagasan untuk menata dan merapatkan barisan muncul. Dari sanalah gagasan untuk mengintensifkan komunikasi muncul. Lantas sebuah jabang bayi Media Pendidikan ini lahir. Masih di tengah riuh jalanan dan iringan kendaraan dan juga iring-iringan insan yang percaya, media ini memberikan salam, Salam Pendidikan demi kemajuan dan kebahagiaan.

4 Responses

  1. Menarik sekali gagasan ini. Semoga gerak maju CUBG seperti bola salju yg siap menangkap siapa saja yg menyadari arti keselamatan dan kesejahteraan bagi sesamanya.

    Maka marilah, kita bersama menjadi salju-salju kecil yang siap menangkap dan ditangkap oleh kebersamaan kita dalam CUBG. Semoga semakin banyak orang melihat, terpikat, dan terlibat dengan CUBG.

  2. Selamat untuk terbitnya blog media pendidikan CUBG. Semoga informasi disini bisa membuka paradigma banyak orang tentang CUBG sendiri dan juga bagi para anggotanya. Saya minta ijin juga untuk nge’link kesini ya. AMDG

  3. Selamat atas Media Pendidikan CUBG. Saya sudah berkali-kali kunjungi blog ini, tapi baru kirim komentar sekarang. Tampilan bagus. Moga-moga semakin banyak anggota yang membagikan gagasan.

    Karena blog CUBG yang lama sudah lama tidak dimutakhirkan, saya usul supaya blog ini juga memuat informasi dasar mengenai CUBG: sejarah berdiri, produk layanan, data pengurus dsb. Akan bagus juga kalau ada berita dari berbagai Tempat Pelayanan CUBG yang tersebar di Jakarta, Jawa Tengah dan DIY itu.

    Yang tak kalah penting adalah data perkembangan anggota CUBG dan keuangan (LKSB), sebab inilah bentuk transparansi dan cara melibatkan anggota untuk mengawasi CUBG. Akan semakin bagus kalau ada analisis PEARLS atas LKSB itu.

    Untuk dua usulan terakhir, kalau Mas pengelola blog tidak sempat mengerjakan ini, saya bersedia mengusahakannya. Tentu ini dengan kerjasama dengan manajemen dan pengurus CUBG.

    Maju terus CUBG.

    Salam, untuk Jiwo, moga-moga harapanmu segera kesampaian.

  4. Romo Marwan…
    Selamat datang dan terima kasih sudah ngasih komentar di Blog ini. Sudah lama saya nunggu komentar Romo. Mohon maaf… cerita dari seminar Muhamad Yunus di Bali bagaimana mo? Barangkali kesimpulan-kesimpulannya saja juga boleh kok kalau dikirim ke Blog ini. Biar menambah pengetahuan kami.

    Selain itu, usulan Romo semoga dapat dipertimbangkan oleh pengelola Blog yang saat ini dipegang oleh Mas Martin (dengan catatan kalau Mas Martin tidak sibuk dengan pekerjaannya).

    Wasalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: